Rabu, 23 Maret 2016

Memasak Tanpa Penyedap Rasa

0




Sebulan lebih tinggal di rumah adek memberi saya pengalaman baru dalam hal memasak. Biasanya setiap memasak saya akan menambahkan bumbu penyedap rasa agar rasa makanan semakin enak. Namun kebiasaan tersebut tidak berlanjut selama saya tinggal di rumah adek.

Adek yang seorang dokter sangat memperhatikan makanan yang akan disantapnya. Makanan yang dihidangkan harus bebas dari penyedap rasa atau MSG. Tentu saja saya harus memutar otak mencari paduan bumbu yang tetap lezat tanpa embel-embel MSG (meski saya tidak yakin produk kemasan yang ada bebas MSG).

Saya akhirnya menilih gula,garam, dan saus tiram sebagai bahan utama penyedap masakan. Kadang saya menambahkan kecap manis atau cabe agar rasa lebih bervariasi. Setelah mencoba ternyata rasanya tidak jauh beda jika menggunakan menyedap rasa. Tetap enak dan tentu saja lebih sehat.

Jika memasak makanan yang memiliki aroma atau rasa khas seperti udang,saya hanya menaburkan gula dan garam. Kaldu udang bisa menjadi tambahan penyedap untuk masakan lain. Tentu saja jika tidak ada anggota keluarga yang alergi terhadap udang.

Nah pembaca, itulah sedikit tips dari saya, semoga berguna.


# Gorontalo, 24 Maret 2016 # 

sumber gambar disini



0 komentar:

Posting Komentar